Nama : Rani Dwi Maryanti
NIM : 2015820048
Kelas : BSD Semester 5
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : III (Tiga)/ I (Satu)
Pokok Bahasan : Sumpah
Pemuda
Waktu : 4 x
35 menit (2 x Pertemuan).
A. Standar
Kompetensi
1.
Mengamalkan makna sumpah pemuda.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengenal
makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.1
Siswa dapat menjelaskan pengertian Sumpah Pemuda
1.1.2
Siswa dapat menjelaskan isi
Sumpah Pemuda.
1.1.3
Siswa dapat menjelaskan
sejarah terjadinya Sumpah Pemuda.
1.1.4
Siswa dapat menyebutkan
tokoh-tokoh peristiwa Sumpah Pemuda.
1.1.5
Siswa dapat menjelaskan
makna isi Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
1.1.6
Siswa dapat menerapkan makna
Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
1.1.7
Siswa dapat menjelaskan arti
satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
®
Karakter siswa yang diharapkan : kerja
keras, disiplin, tekun, tanggung jawab, ketelitian, kreatif, mandiri, rasa
ingin tahu, dan peduli lingkungan.
D. Materi Pembelajaran
-
Sumpah Pemuda
-
Bersatu kita teguh, bercerai
kita runtuh.
E. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Kontekstual.
2.
Pendekatan
Cooperatif Learning.
3.
Diskusi
kelompok.
4.
Diskusi
kelas.
5.
Tanya
jawab.
6.
Ceramah.
F. Sumber/Bahan
Belajar
1.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III SD
2.
Video Sumpah Pemuda
3.
Orang tua.
4.
Teman.
5.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke-1 (Pertama)
1.
Kegiatan
Awal
Apresiasi/ Motivasi
Alokasi waktu (5 Menit)
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
- Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
- Mengajak siswa menceritakan pengalaman
mereka melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.
2. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Alokasi waktu (25 Menit)
- Semua
siswa diminta membaca dalam hati bacaan tentang sumpah pemuda di buku.
- Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda.
- Guru
menceritakan kembali sejarah terjadinya sumpah pemuda.
- Menunjuk
dua sampai tiga siswa untuk membacakan isi sumpah pemuda.
- Menjelaskan
bahwa isi sumpah pemuda harus selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
- Menjelaskan
semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda
dan hubungannya dengan Bhinneka Tunggal Ika.
3. Kegiatan
Penutup
Alokasi Waktu 5 Menit
- Bersama-sama
dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
- Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk
mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
- Mengakhiri
pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing.
Pertemuan ke-2
1.
Kegiatan
Awal
Apresiasi/ Motivasi
Alokasi waktu (5 Menit)
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
- Mengajak siswa bertanya jawab tentang
isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa
melihat buku).
- Menceritakan pentingnya memahami makna
isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.
2.
Kegiatan Inti
Alokasi waktu (25 Menit)
- Meminta
semua siswa berkelompok dengan empat sampai lima teman sekelasnya dan
mendiskusikan hal berikut.
a. Hubungan
kerja sama dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu
bahasa.
b. Makna
isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagisiswa
pada masa sekarang.
c. Mengapa
sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu
diketahui dan dipahami maknanya oleh bangsa Indonesia, bahkan pada masa
sekarang.
- Guru
meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
- Guru menjelaskan cara mengutarakan
pendapat dengan baik
- Guru meminta setiap kelompok memberi
pendapat atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain.
3.
Kegiatan Penutup
Alokasi
Waktu 5 Menit
- Bersama-sama
dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
- Mengakhiri
pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing.
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
ü Menjelaskan
pengertian dari Sumpah Pemuda
|
Tugas
Individu
|
Esay
|
Sumpah
Pemuda artinya....
|
ü Mendeskripsikan
Tanggal berdirinya Sumpah Pemuda
|
Tugas
Individu
|
Esay
|
Sumpah Pemuda di
dirikan pada tanggal ....
|
ü Menjelaskan
isi Sumpah Pemuda
|
Tugas
Individu
|
Uraian
Objektif
|
Tuliskan dengan jelas
isi teks Sumpah Pemuda ?
|
I.
Kriteria
Penilaian
1.
Produk (Hasil Diskusi)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
Semua
Benar
|
4
|
Sebagian
Besar Benar
|
3
|
||
Sebagian
Kecil Benar
|
2
|
||
Semua
Salah
|
1
|
2.
Performansi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kerja sama
|
Bekerjasama
|
4
|
Kadang-kadang Kerjasama
|
2
|
||
Tidak kerjasama
|
1
|
||
2.
|
Partisipasi
|
Aktif Berpendapat
|
4
|
Kadang-kadang Aktif
|
2
|
||
Tidak Aktif
|
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
Mengetahui, Jakarta,......................
Kepala Sekolah Guru
Kelas III
SDN.............................
(......................................) (........................................)
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar