Nama : Rani Dwi Maryanti
NIM : 2015.82.0048
Kelas : BSD Semester 5
Tugas : RPP Tematik Kelas III
SD
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono,
M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan :
_________________________________
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 : Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 1 : Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran :
5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki kedisiplinan
dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2 Menguraikan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2 Menerangkan dan
mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta
daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup
hewan.
4.2.1 Menuliskan tahapan kegiatan menirukan gerak
daur hidup hewan.
4.2.2 Membandingkan tahapan daur hidup dua jenis
hewan.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan, Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya
diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan
sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan
moral Pancasila.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami simbol-simbol
sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengidentifikasi simbol sila pertama Pancasila.
3.1.2 Menjelaskan makna simbol sila pertama.
4.1.1 Melakukan pengamatan tentang perilaku di
sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat
dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta
tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Memahami sifat-sifat
operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2. Merumuskan dengan
kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda,
dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengurutkan dan membandingkan antar bilangan
termasuk dengan simbol <, > dan =.
4.2.1 Merumuskan cara untuk menyelesaikan masalah
sehai-hari yang berkaitan dengan penggunaan simbol <, > dan =.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks
tentang daur hidup hewan dengan benar.
¡ Dengan kegiatan mengamati gambar daur hidup kecoa dan katak,
siswa dapat menuliskan tahapan daur hidup kecoa dan katak dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar daur hidup kecoa dan katak, siswa
dapat membandingkan tahapan daur hidup dua jenis hewan dengan benar.
¡
Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan dan
membandingkan bilangan menggunakan simbol <, > dan = dengan benar.
¡ Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara untuk
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan simbol
<,> dan = dengan benar.
¡ Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi simbol
sila pertama Pancasila dengan benar.
¡ Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan makna simbol
sila pertama dengan benar.
¡ Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat
mengidentifkasi perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama
dengan benar.
¡ Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat
menceritakan perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama dengan
benar.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡
Teks tentang daur hidup katak.
¡
Daur hidup kecoa.
¡
Perbandingan antara daur hidup kecoa dan katak.
¡
Menggunakan tanda <,>,= dalam menyelesaikan persoalan.
¡
Pengamalan sila pertama Pancasila.
F. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan :
Saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi/mengolah
informasi, dan mengkomunikasikan).
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Guru membuka pelajaran dengan
mengingatkan kembali pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang
perkembangbiakan dan tahapan perkembangan hidup hewan.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa berdiskusi tentang keunikan
yang terjadi dari setiap tahapan daur hidup kupu-kupu yang sangat berbeda dan
indah. Pembelajaran akan lebih menyenangkan kalau ada kesempatan bagi siswa
mengamati perubahan dari telur atau ulat sampai menjadi kupu-kupu. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengamati gambar daur hidup
katak, lalu mengidentifikasi tahapan yang ada pada daur hidup katak. (Mengamati)
¡ Siswa mendengarkan penjelasan
lebih lanjut dari guru mengenai daur hidup katak. Guru menjelaskan bahwa
katak memiliki empat tahapan daur hidup. Mulai dari telur, berudu, katak
muda, dan katak dewasa. Pada tahapan awal, katak dan berudu memiliki bentuk
dan rupa yang sangat berbeda. Pada setiap tahapan, katak tinggal di tempat
yang berbeda. Saat jadi berudu, katak tinggal di air, namun saat sudah
dewasa, katak tinggal di dua tempat, yaitu darat dan air. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar daur hidup
kecoa, lalu menyimpulkan dan menuliskan tahapan yang ada pada daur hidup
kecoa.
¡ Siswa membandingkan persamaan dan
perbedaan tahapan yang ada pada daur hidup katak dan kecoa, lalu menuliskan
pada tempat yang tersedia. (Mengasosiasi)
¡ Perwakilan siswa menyampaikan
hasil perbandingan.
¡ Siswa diberi kesempatan untuk
mengajukan pertanyaan hal yang ingin diketahui lebih lanjut tentang daur hidup.
(Menanya)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang simbol <,> dan = yang ada pada matematika. (Mengamati)
¡ Siswa berlatih menentukan bilangan
mana yang lebih kecil, lebih kecil atau sama dengan menggunakan simbol
<,> dan =
¡
Siswa berlatih membuat soal cerita
yang melibatkan simbol <,> dan =
¡
Siswa berdiskusi tentang daur
hidup atau siklus lain yang terjadi di alam ini. Contoh siklus lainnya
adalah: siklus air; pergantian waktu pagi,
siang, dan malam; pergantian musim. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengingat kembali lambang dan
sila pertama Pancasila. (Mengamati)
¡ Sila pertama berbunyi Ketuhanan
Yang Maha Esa dan simbolnya adalah bintang.
¡ Siswa mengidentifikasi sikap-sikap
yang pernah dilakukannya sebagai contoh sikap dalam pengamalan sila pertama
Pancasila. (Mengekplorasi)
¡ Siswa menceritakan pengalamannya
dalam melakukan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.(Mengkomunikasikan)
|
35 Menit x
30 JP
|
Penutup
|
¡ Peserta didik membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru.
¡ Melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut
dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡ Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
¡ Menutup pelajaran dengan berdo’a dan
salam.
|
10 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan
Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar
daur hidup katak.
¡ Gambar
daur hidup kecoa.
¡ Lambang
Negara.
I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C
(Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan: tes
tertulis
a. Menjelaskan tahapan daur hidup katak.
Skor setiap soal 2,5
Benar semua 2,5 x 4 = 10
b. Menggunakan simbol < , > dan = dalam
menyelesaikan masalah.
Skor setiap soal 1.
Benar semua 1 x 10 = 10
c. Membuat soal cerita yang melibatkan penggunaan
simbol < , > dan =.
d. Mengidentifikasi hak dan kewajiban.
3. Penilaian Keterampilan
a. Rubrik Menuliskan Hasil Perbandingan Daur
Hidup Katak dan Kecoa
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.
|
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang,
serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf
besar dan tanda titik.
|
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan
tanda titik.
|
Kesesuaian isi laporan yang ditulis.
|
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan
yang diminta.
|
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan
isi laporan yang diminta.
|
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan
isi laporan yang diminta.
|
Semua isi teks belum sesuai.
|
Penulisan.
|
Penulisan kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
|
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
|
Penggunaan kalimat yang efektif.
|
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang
efektif.
|
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat
kurang efektif.
|
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.
|
b. Rubrik Berbicara Menyampaikan Pengalaman
Melakukan Sikap yang Sesuai dengan Sila Pertama Pancasila
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Kelancaran dalam bercerita.
|
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.
|
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan
lancar.
|
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan
lancar.
|
Belum mampu bercerita.
|
Kepercayaan diri dalam bercerita.
|
Tidak terlihat ragu-ragu.
|
Terlihat ragu-ragu.
|
Memerlukan bantuan guru.
|
Belum menunjukkan kepercayaan diri.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20
.....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar