Senin, 09 Oktober 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul RPP Tematik Sekolah Dasar

Nama         : Rani Dwi Maryanti
NIM           : 2015.82.0048
Kelas          : BSD Semester 5
Tugas         : RPP Tematik Kelas III SD
Dosen         : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.


  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan                         :  _________________________________
Kelas / Semester                             :  III (Tiga) / 1
Tema 1                                            :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 1                                     :  Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
Pembelajaran                                 :  5
Alokasi Waktu                                :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.2   Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.2  Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2  Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1    Mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup hewan.
4.2.1    Menuliskan tahapan kegiatan menirukan gerak daur hidup hewan.
4.2.2    Membandingkan tahapan daur hidup dua jenis hewan.

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
1.1   Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan, Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
2.2   Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengidentifikasi simbol sila pertama Pancasila.
3.1.2    Menjelaskan makna simbol sila pertama.
4.1.1  Melakukan pengamatan tentang perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1    Mengurutkan dan membandingkan antar bilangan termasuk dengan simbol <, > dan =.
4.2.1  Merumuskan cara untuk menyelesaikan masalah sehai-hari yang berkaitan dengan penggunaan simbol <, > dan =.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup hewan dengan benar.
¡    Dengan kegiatan mengamati gambar daur hidup kecoa dan katak, siswa dapat menuliskan tahapan daur hidup kecoa dan katak dengan benar.
¡   Dengan mengamati gambar daur hidup kecoa dan katak, siswa dapat membandingkan tahapan daur hidup dua jenis hewan dengan benar.
¡  Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan dan membandingkan bilangan menggunakan simbol <, > dan = dengan benar.
¡   Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan simbol <,> dan = dengan benar.
¡   Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi simbol sila pertama Pancasila  dengan benar.
¡   Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan makna simbol sila pertama dengan benar.
¡   Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat mengidentifkasi perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama dengan benar.
¡      Dengan mengamati kejadian sehari-hari, siswa dapat menceritakan perilaku di sekitar rumah tentang pengamalan sila pertama dengan benar.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Teks tentang daur hidup katak.
¡  Daur hidup kecoa.
¡  Perbandingan antara daur hidup kecoa dan katak.
¡  Menggunakan tanda <,>,= dalam menyelesaikan persoalan.
¡  Pengamalan sila pertama Pancasila.

F.      METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba,   mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).
¡  Metode                     : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah.

G.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Guru membuka pelajaran dengan mengingatkan kembali pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang perkembangbiakan dan tahapan perkembangan hidup hewan.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Siswa berdiskusi tentang keunikan yang terjadi dari setiap tahapan daur hidup kupu-kupu yang sangat berbeda dan indah. Pembelajaran akan lebih menyenangkan kalau ada kesempatan bagi siswa mengamati perubahan dari telur atau ulat sampai menjadi kupu-kupu. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengamati gambar daur hidup katak, lalu mengidentifikasi tahapan yang ada pada daur hidup katak. (Mengamati)
¡    Siswa mendengarkan penjelasan lebih lanjut dari guru mengenai daur hidup katak. Guru menjelaskan bahwa katak memiliki empat tahapan daur hidup. Mulai dari telur, berudu, katak muda, dan katak dewasa. Pada tahapan awal, katak dan berudu memiliki bentuk dan rupa yang sangat berbeda. Pada setiap tahapan, katak tinggal di tempat yang berbeda. Saat jadi berudu, katak tinggal di air, namun saat sudah dewasa, katak tinggal di dua tempat, yaitu darat dan air. (Mengamati)
¡  Siswa mengamati gambar daur hidup kecoa, lalu menyimpulkan dan menuliskan tahapan yang ada pada daur hidup kecoa.
¡  Siswa membandingkan persamaan dan perbedaan tahapan yang ada pada daur hidup katak dan kecoa, lalu menuliskan pada tempat yang tersedia. (Mengasosiasi)
¡      Perwakilan siswa menyampaikan hasil perbandingan.
¡     Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan hal yang ingin diketahui lebih lanjut tentang daur hidup. (Menanya)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang simbol <,> dan = yang ada pada matematika. (Mengamati)
¡   Siswa berlatih menentukan bilangan mana yang lebih kecil, lebih kecil atau sama dengan menggunakan simbol <,> dan =
¡  Siswa berlatih membuat soal cerita yang melibatkan simbol <,> dan =
¡  Siswa berdiskusi tentang daur hidup atau siklus lain yang terjadi di alam ini. Contoh siklus lainnya adalah: siklus air; pergantian waktu pagi, siang, dan malam; pergantian musim. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mengingat kembali lambang dan sila pertama Pancasila. (Mengamati)
¡    Sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa dan simbolnya adalah bintang.
¡ Siswa mengidentifikasi sikap-sikap yang pernah dilakukannya sebagai contoh sikap dalam pengamalan sila pertama Pancasila. (Mengekplorasi)
¡   Siswa menceritakan pengalamannya dalam melakukan sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.(Mengkomunikasikan)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡ Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡ Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡      Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

H.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡      Buku Guru dan Buku Siswa Tema : ” Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡      Gambar daur hidup katak.
¡     Gambar daur hidup kecoa.
¡      Lambang Negara.

I.       PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












4
……………..












5
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.  Menjelaskan tahapan daur hidup katak.
Skor setiap soal 2,5
Benar semua 2,5 x 4 = 10
b.  Menggunakan simbol < , > dan = dalam menyelesaikan masalah.
Skor setiap soal 1.
Benar semua 1 x 10 = 10
c.  Membuat soal cerita yang melibatkan penggunaan simbol < , > dan =.
d.  Mengidentifikasi hak dan kewajiban.

3.    Penilaian Keterampilan
a.  Rubrik Menuliskan Hasil Perbandingan Daur Hidup Katak dan Kecoa
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.

Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik.
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.

Kesesuaian isi laporan yang ditulis.

Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta.
Semua isi teks belum sesuai.

Penulisan.

Penulisan kata sudah tepat.

Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan.
Semua kata belum tepat dalam penulisan.
Penggunaan kalimat yang efektif.

Semua kata menggunakan kalimat yang efektif.
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif.
Semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif.

b.  Rubrik Berbicara Menyampaikan Pengalaman Melakukan Sikap yang Sesuai dengan Sila Pertama Pancasila
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Kelancaran dalam bercerita.

Seluruh cerita disampaikan dengan lancar.

Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar.
Belum mampu bercerita.

Kepercayaan diri dalam bercerita.
Tidak terlihat ragu-ragu.

Terlihat ragu-ragu.

Memerlukan bantuan guru.
Belum menunjukkan kepercayaan diri.





Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar