Selasa, 17 Oktober 2017

Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Tugas Perencanaan Pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran PPKn SD. Judul Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016

Nama         : Rani Dwi Maryanti
NIM           : 2015.82.0048
Kelas          : BSD Semester 5
Tugas      :Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud                    No. 22 Tahun 2016
Dosen         : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK

Satuan Pendidikan      :
Kelas/Semester            : 1 (satu)/ 1 (Satu)
Tema/Topik                 : Kegemaranku
Pertemuan Ke-            : 1
Alokasi Waktu            : 35 menit x 30 JP x 4 Minggu

A.      Kompetensi Inti
KI 1          : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2          : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan   percaya      diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3      :Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,        membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan  Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4        : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
1.         Bahasa Indonesia
a.         Mengurutkan cerita berseri
b.        Menceritakan kegemaran
c.         Membaca petunjuk merawat luka

2.         Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
a.       Menceritakan keragaman kegemaran
b.      Mengucapkan terima kasih
c.       Mengucapkan minta maaf
d.      Menceritakan kebersamaan di rumah

3.      Matematika
a.       Membagikan banyak benda
b.      Menggambar bangun datar
c.       Menjumlahkan bilangan

4.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
a.       Merawat luka
b.      Menjaga kebersihan diri

5.    Seni Budaya dan Prakarya
a.       Bernyanyi lagu anak
b.      Menggambar dan mewarnai

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Siswa mampu menulis kata-kata sederhana
2.      Siswa mampu menulis kalimat sederhana
3.      Siswa mampu memahami makna kata dan kalimat yang di baca
4.      Siswa mampu membaca dengan lafal dan intonasi yang wajar
5.      Siswa mampu membacakan percakapan
6.      Siswa mampu bercerita mengenai kegemaran
7.      Siswa mampu mengurutkan cerita
8.      Siswa mampu membaca teks sederhana dan menceritakan kepada teman sebangku
9.      Siswa dapat melengkapi kalimat sederhana yang belum selesai
10.  Siswa dapat berdoa dengan baik dan benar ketika memulai dan mengakhiri kegiatan olahraga
11.  Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar halaman sekolah (alat bermain)
12.  Siswa dapat memahami nilai tempat.

D.      Karakter Siswa Yang Diharapkan
1.      Disiplin (Discipline)
2.      Tekun (Diligence)
3.      Tanggung Jawab (Responsibility)
4.      Ketelitian (Carefullness)
5.      Kerjasama (Cooperation)
6.      Toleransi (Tolerance)
7.      Percaya Diri (Confidence)
8.      Keberanian (Bravery)

E.       Materi Ajar (Materi Pokok)
1.      Makanan Kegemaranku
2.      Mainan Kegemaranku
3.      Olahraga Kegemaranku
4.      Permaianan Kegemaranku

F.       Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Ceramah, diskusi, tanya jawab, inkuiri, demonstrasi, dan penugasan

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·     Mengajak semua siswa berdoa menurut agama da keyakinan masing-masing (untuk mewakili kegiatan pembelajaran).
· Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
· Menginformasikan tema yang akan di belajarkan yaitu tentang “Kegemaranku”
10 Menit
Inti
·       Menjiplak/menebalkan huruf atau kata.
·       Menatap huruf atau kata.
·  Menirukan/membaca nyaring kata atau kalimat.
·       Tanya jawab makna kata/kalimat.
·         Menyalin tulisan yang ada di papan tulis.
·    Guru membacakan percakapan mengenai bekal kegematanku, lalu siswa diminta untuk menirukan percakapan.
·      Siswa menghitung berapa banyak bekal pisang goreng yang dibuat oleh ibu dirumah.
·  Melengkapi soal kalimat yang belum sempurna.
·       Mengurutkan soal cerita dari sebuah gambar.
·  Melalui penjelasan dan pengamatan, siswa dapat bercerita melalui gambar yang sudah disusun.
·   Menyanyikan lagu “kasih ibu” dengan perasaan dan percaya diri.
· Mempraktekan percakapan dengan teman sebangku.
·      Bercerita mengenai kegiatan dalam membantu ibu dirumah dengan penuh percaya diri didepan kelas secara bergiliran.
·         Berhitung melalui gambar pohon apel.
·         Memahami dan mengelompokkan jenis buah.
·       Melengkapi kalimat dengan kata yang sudah disediakan secara acak.
·  Melingkari kata yang tepat dari sebuah pertanyaan.
·      Guru membimbing siswa untuk membaca teks cerita mengenai “Boneka Lucu”, lalu meminta siswa menceritakannya kepada teman-temannya di depan kelas.
·         Memberi pendapat dari cerita “Boneka Lucu”
·         Menghitung banyaknya boneka pada gambar.
·     Belajar menulis mengikuti/menjiplak titik-titik.
·         Mengisi susunan kartu huruf sesuai contoh.
· Menggambar mainan kegemaran, lalu dikumpulkan ke guru untuk dipajang di kelas.
·         Menyanyikan lagu sambil mengenal huruf.
· Menghitung bangun datar yang disusun menyerupai robot.
·         Menggambarkan contoh bangun datar.
·    Mengenal dan mencari contoh bangun datar dikelas.
·         Melengkapi kalimat yang rumpang.
· Menghitung tiap mainan dan menuliskan lambang bilangan sesuai banyak benda.
· Mengungkapkan pendapat di depan kelas mengenai kegemaran berolahraga.
· Menceritakan di depan kelas mengenai kebiasaan hidup sehat.
·   Membedakan/menunjukkan contoh hidup sehat dari beberapa pilihan gambar.
· Menunjukkan pasangan benda yang disembunyikan dihalaman sekolah.
·    Menghitung dan menuliskan lambang bilangan dari gambar alat-alat olahraga.
·         Melengkapi cerita dengan menggunakan kata yang disediakan.
·     Melakukan pengamatan dan mengelompokkan perilaku yang baik dan tidak baik.
·      Mewarnai gambar kegiatan olahraga dan dapat mendeskripsikan cerita tersebut di depan kelas.
·         Membaca teks cerita.
·      Guru membacakan sebuah kegiatan, lalu siswa dapat meragakan kegiatan tersebut dengan berpantomim.
·      Memberikan pendapat dan berdiskusi bersama teman-teman.
·       Memahami dan mengerjakan nilai tempat dari soal-soal.
35menit x 30 JP x 4 minggu
Penutup
·    Bersama-sama siswa membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
·         Melakukan penilaian hasil belajar.
·         Pemberian PR/ Tugas.
·    Mengajak semua siswa berdoa menurut Agama dan keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
·   Mengamati sikap siswa dalam berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkanya, dsb).
15 Menit

H.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Buku pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik Kelas 1.
2.      Diri Anak
3.      Lingkungan
4.      Media Gambar buah-buahan dan boneka
5.      Media bangun datar/kertas origami yang digunting membentuk bangun datar.
6.      Benda kegemaran disekitar siswa.
7.      Media alat-alat olahraga.

I.         Penilaian
1.      lembar Pengamatan
No
Nama
Perkembangan *)
KET.
Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Rani

















2
Fajar

















3
Bayu

















4
Ajis

















5
Kandi

















6
Dst

















Catatan : guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.

2.      Lembar pengamatan Kegiatan Diskusi
No
Kriteria
Terlihat (Ö)
Belum Terlihat (Ö)
1
Keaktifan dalam berdiskusi


2
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait


3
Kemampuan mengeluarkan pendapat





Mengetahui,                                                                                        Jakarta,....................20.....
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas 1
SDN...........................




(..................................)                                                                        (...................................)
NIP.                                                                                                    NIP.

13 komentar:

  1. Terimakasih rani atas postingan artikelnya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  2. Terimakasih rani, atas postingan mengenai RPP sesuai Permendikbud no.22 tahun 2016 ini, membuat saya menjadi paham bentuk RPP yang sesuai dengan Permendikbud atau yang seharusnya😊

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Menurut saya RPP yang anda buat sudah baik, dilihat dari kompetensi dasar, indikator pencapaian sudah sangat lengkap. Semoga sukses selalu^^

    BalasHapus
  5. Terimakasih ka, sangat membantu

    BalasHapus
  6. Menurut saya RPP nya sudah baik, kak rani menggunakan media pembelajaran yang sederhana tetapi harus berhati-hati dalam penggunaan gunting.

    BalasHapus
  7. makasih rani telah membantu tugas kuliah saya.

    BalasHapus
  8. Terimakasih atas artikelnya. Semoga RPP ini bermanfaat bagi guru-guru di seluruh Indonesia dalam membuat perencanaan pembelajaran 😊

    BalasHapus
  9. sesuai dengan dengan permendikbud no 22 tahun 2016 seperti sudah dicantumkannya k1, k2, k3, dan k4
    Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi yang lain

    BalasHapus
  10. Susunan RPPnya sudah sesuai dengan permendikbud no 22 tahun 2016, tetapi menurut saya pada metode pembelajarannya ditambah dengan metode praktek langsung karena materi yang diajarkan adalah merawat luka dan menjaga kebersihan diri pada mata pelajarn olahraga. Untuk pendeketan, strategi dan teknik menurut saya sudah tepat. Semoga RPP ini dapat membantu atau menginspirasi guru-guru dalam pembuatan RPP kedepannya iya rani 😊

    BalasHapus
  11. mungkin lebih baik lagi jika disetiap akhir pertmuan diisi dengan kuis untuk menguatkan atau mengingatkan kembali materi kepada siswa, terima kasih

    BalasHapus
  12. Susuan Rpp mu sudah bangua dengan mengunakan permendikbud no22 tahun 20016,tetapi saya ingin menambahkan saja siswa di ajak peraktek langsung sesuai materi, dan memberikan ulasan materi diakhir agar siswa bisa mengingat kembali,, terimaksih

    BalasHapus
  13. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus