Nama : Rani Dwi Maryanti
NIM : 2015.82.0048
Kelas : BSD Semester 5
Tugas :Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Tugas :Membuat Rancangan Pembelajaran Kurikulum Sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016
Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester : 1 (satu)/ 1 (Satu)
Tema/Topik : Kegemaranku
Pertemuan
Ke- : 1
Alokasi
Waktu : 35 menit x 30 JP x 4
Minggu
A. Kompetensi Inti
KI
1 : Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI
3 :Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI
4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Bahasa Indonesia
a.
Mengurutkan cerita berseri
b.
Menceritakan kegemaran
c.
Membaca petunjuk merawat luka
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
a. Menceritakan
keragaman kegemaran
b. Mengucapkan
terima kasih
c. Mengucapkan
minta maaf
d. Menceritakan
kebersamaan di rumah
3. Matematika
a. Membagikan
banyak benda
b. Menggambar
bangun datar
c. Menjumlahkan
bilangan
4.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
a.
Merawat luka
b.
Menjaga kebersihan diri
5. Seni
Budaya dan Prakarya
a. Bernyanyi
lagu anak
b. Menggambar
dan mewarnai
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
mampu menulis kata-kata sederhana
2. Siswa
mampu menulis kalimat sederhana
3. Siswa
mampu memahami makna kata dan kalimat yang di baca
4. Siswa
mampu membaca dengan lafal dan intonasi yang wajar
5. Siswa
mampu membacakan percakapan
6. Siswa
mampu bercerita mengenai kegemaran
7. Siswa
mampu mengurutkan cerita
8. Siswa
mampu membaca teks sederhana dan menceritakan kepada teman sebangku
9. Siswa
dapat melengkapi kalimat sederhana yang belum selesai
10. Siswa
dapat berdoa dengan baik dan benar ketika memulai dan mengakhiri kegiatan
olahraga
11. Siswa
dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar halaman sekolah (alat bermain)
12. Siswa
dapat memahami nilai tempat.
D.
Karakter
Siswa Yang Diharapkan
1. Disiplin
(Discipline)
2. Tekun
(Diligence)
3. Tanggung
Jawab (Responsibility)
4. Ketelitian
(Carefullness)
5. Kerjasama
(Cooperation)
6. Toleransi
(Tolerance)
7. Percaya
Diri (Confidence)
8. Keberanian
(Bravery)
E.
Materi
Ajar (Materi Pokok)
1. Makanan
Kegemaranku
2. Mainan
Kegemaranku
3. Olahraga
Kegemaranku
4. Permaianan
Kegemaranku
F.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Ceramah, diskusi, tanya
jawab, inkuiri, demonstrasi, dan penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Mengajak semua siswa berdoa
menurut agama da keyakinan masing-masing (untuk mewakili kegiatan
pembelajaran).
· Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
· Menginformasikan tema yang akan
di belajarkan yaitu tentang “Kegemaranku”
|
10
Menit
|
Inti
|
· Menjiplak/menebalkan
huruf atau kata.
· Menatap
huruf atau kata.
· Menirukan/membaca
nyaring kata atau kalimat.
· Tanya
jawab makna kata/kalimat.
·
Menyalin tulisan yang ada di
papan tulis.
· Guru membacakan percakapan
mengenai bekal kegematanku, lalu siswa diminta untuk menirukan percakapan.
· Siswa menghitung berapa banyak
bekal pisang goreng yang dibuat oleh ibu dirumah.
· Melengkapi soal kalimat yang
belum sempurna.
· Mengurutkan soal cerita dari
sebuah gambar.
· Melalui penjelasan dan
pengamatan, siswa dapat bercerita melalui gambar yang sudah disusun.
· Menyanyikan lagu “kasih ibu”
dengan perasaan dan percaya diri.
· Mempraktekan percakapan dengan
teman sebangku.
· Bercerita mengenai kegiatan dalam
membantu ibu dirumah dengan penuh percaya diri didepan kelas secara
bergiliran.
·
Berhitung melalui gambar pohon
apel.
·
Memahami dan mengelompokkan jenis
buah.
· Melengkapi kalimat dengan kata
yang sudah disediakan secara acak.
· Melingkari kata yang tepat dari
sebuah pertanyaan.
· Guru membimbing siswa untuk
membaca teks cerita mengenai “Boneka Lucu”, lalu meminta siswa
menceritakannya kepada teman-temannya di depan kelas.
·
Memberi pendapat dari cerita
“Boneka Lucu”
·
Menghitung banyaknya boneka pada
gambar.
· Belajar menulis
mengikuti/menjiplak titik-titik.
·
Mengisi susunan kartu huruf
sesuai contoh.
· Menggambar mainan kegemaran, lalu
dikumpulkan ke guru untuk dipajang di kelas.
·
Menyanyikan lagu sambil mengenal
huruf.
· Menghitung bangun datar yang
disusun menyerupai robot.
·
Menggambarkan contoh bangun
datar.
· Mengenal dan mencari contoh
bangun datar dikelas.
·
Melengkapi kalimat yang rumpang.
· Menghitung tiap mainan dan
menuliskan lambang bilangan sesuai banyak benda.
· Mengungkapkan pendapat di depan
kelas mengenai kegemaran berolahraga.
· Menceritakan di depan kelas
mengenai kebiasaan hidup sehat.
· Membedakan/menunjukkan contoh
hidup sehat dari beberapa pilihan gambar.
· Menunjukkan pasangan benda yang
disembunyikan dihalaman sekolah.
· Menghitung dan menuliskan lambang
bilangan dari gambar alat-alat olahraga.
·
Melengkapi cerita dengan
menggunakan kata yang disediakan.
· Melakukan pengamatan dan
mengelompokkan perilaku yang baik dan tidak baik.
· Mewarnai gambar kegiatan olahraga
dan dapat mendeskripsikan cerita tersebut di depan kelas.
·
Membaca teks cerita.
· Guru membacakan sebuah kegiatan,
lalu siswa dapat meragakan kegiatan tersebut dengan berpantomim.
· Memberikan pendapat dan
berdiskusi bersama teman-teman.
· Memahami dan mengerjakan nilai
tempat dari soal-soal.
|
35menit
x 30 JP x 4 minggu
|
Penutup
|
· Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
·
Melakukan penilaian hasil
belajar.
·
Pemberian PR/ Tugas.
· Mengajak semua siswa berdoa
menurut Agama dan keyakinan masing-masing untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran.
· Mengamati sikap siswa dalam
berdoa (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkanya, dsb).
|
15
Menit
|
H.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Buku
pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik Kelas 1.
2. Diri
Anak
3. Lingkungan
4. Media
Gambar buah-buahan dan boneka
5. Media
bangun datar/kertas origami yang digunting membentuk bangun datar.
6. Benda
kegemaran disekitar siswa.
7. Media
alat-alat olahraga.
I.
Penilaian
1. lembar
Pengamatan
No
|
Nama
|
Perkembangan *)
|
KET.
|
|||||||||||||||
Minggu I
|
Minggu II
|
Minggu III
|
Minggu IV
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1
|
Rani
|
|||||||||||||||||
2
|
Fajar
|
|||||||||||||||||
3
|
Bayu
|
|||||||||||||||||
4
|
Ajis
|
|||||||||||||||||
5
|
Kandi
|
|||||||||||||||||
6
|
Dst
|
Catatan : guru
memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan
kinerja siswa.
2. Lembar
pengamatan Kegiatan Diskusi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (Ö)
|
Belum Terlihat (Ö)
|
1
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
||
2
|
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait
|
||
3
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
Mengetahui, Jakarta,....................20.....
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
SDN...........................
(..................................) (...................................)
NIP. NIP.
Terimakasih rani atas postingan artikelnya, sangat membantu sekali
BalasHapusTerimakasih rani, atas postingan mengenai RPP sesuai Permendikbud no.22 tahun 2016 ini, membuat saya menjadi paham bentuk RPP yang sesuai dengan Permendikbud atau yang seharusnya😊
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMenurut saya RPP yang anda buat sudah baik, dilihat dari kompetensi dasar, indikator pencapaian sudah sangat lengkap. Semoga sukses selalu^^
BalasHapusTerimakasih ka, sangat membantu
BalasHapusMenurut saya RPP nya sudah baik, kak rani menggunakan media pembelajaran yang sederhana tetapi harus berhati-hati dalam penggunaan gunting.
BalasHapusmakasih rani telah membantu tugas kuliah saya.
BalasHapusTerimakasih atas artikelnya. Semoga RPP ini bermanfaat bagi guru-guru di seluruh Indonesia dalam membuat perencanaan pembelajaran 😊
BalasHapussesuai dengan dengan permendikbud no 22 tahun 2016 seperti sudah dicantumkannya k1, k2, k3, dan k4
BalasHapusSemoga postingan ini dapat bermanfaat bagi yang lain
Susunan RPPnya sudah sesuai dengan permendikbud no 22 tahun 2016, tetapi menurut saya pada metode pembelajarannya ditambah dengan metode praktek langsung karena materi yang diajarkan adalah merawat luka dan menjaga kebersihan diri pada mata pelajarn olahraga. Untuk pendeketan, strategi dan teknik menurut saya sudah tepat. Semoga RPP ini dapat membantu atau menginspirasi guru-guru dalam pembuatan RPP kedepannya iya rani 😊
BalasHapusmungkin lebih baik lagi jika disetiap akhir pertmuan diisi dengan kuis untuk menguatkan atau mengingatkan kembali materi kepada siswa, terima kasih
BalasHapusSusuan Rpp mu sudah bangua dengan mengunakan permendikbud no22 tahun 20016,tetapi saya ingin menambahkan saja siswa di ajak peraktek langsung sesuai materi, dan memberikan ulasan materi diakhir agar siswa bisa mengingat kembali,, terimaksih
BalasHapusPerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)